Pages

Minggu, 14 Juni 2015

Students as Agents Of Change


Students as Agents Of Change
Mahasiswa Sebagai Pelaku Perubahan
Oleh: Lesstari Chen

Kata “Maha” pastinya tidak asing lagi buat kita. Apa sih sebenarnya Maha itu? Maha sebuah kata yang membuat kita merasa lebih berwibawa dan bangga saat menyandangnya. Hanya ada dua kata yang tercipta dari kata Maha yaitu :
Maha Kuasa pencipta alam semesta beserta isinya. Mahasiswa/Mahasiswi seseorang yang diharapkan mampu dan bisa menciptakan perubahan serta menyelesaikan segala fenomena dalam kehidupan. Lingkup mahasiswa tentunya terdiri dari sekumpulan orang-orang terdidik  yang heterogen yang mulai berusaha menunjukan jati dirinya masing-masing, berusaha menjadi mahasiswa berkarakter sehingga menjadi salah satu pelaku perubahan (Agent Of Change).
 Melalui pernyataan diatas seharusnya mahasiswa tak lagi menjadi mahasiswa yang pasrah.Sepertihalnya saat ini banyak sekali  dijumpai Mahasiswa/Mahasiswi yang memiliki anggapan bahwa menjadi seorang Mahasiswa itu cukup dengan D3P (Datang, Duduk, Dengarkan, Pulang). Selain itu ada sebagian Mahasiswa lebih mengutamakan slogan “ Gaya oke, aktif dalam kelas No Way.” Bukan suatu hal yang asing lagi jika kita menjumpai beberapa Mahasiswa yang demikian. Mereka tidak memaknai kata yang disandangnya sesuai peran dan tindakannya. Jangan pernah berpikir bahwa “Aku adalah Mahasiswa yang akan menjadi Agent Of Change” kalau masih berfokus pada slogan dan berpatokkan pada D3P.
Seperti yang dikatakan Einsten : Merupakan suatu hal yang gila, bila mengharapkan sesuatu yang berbeda tetapi kita tetap melakukan dengan cara yang sama.
Jadi jelas, jika kita ingin menjadi Agent Of Change ubah pola pikir kita yang masih beranggapan kalau kuliah dan menjadi mahasiswa cukup dengan D3P.
Pada umumnya semua mahasiswa memang senang tetap berada di zona yang aman, bila seorang mahasiswa sudah berada ditempat yang dia anggap baik dan bisa membuat dia senang, maka seringkali mahasiswa menjadi terlena dan tidak mau meningkatkan diri lagi, tidak ada keinginan lagi untuk menjadi mahasiswa berkarakter. Untuk menjadi mahasiswa berkarakter yang akan menjadi salah satu pelaku perubahan kita perlu keluar dari zona aman , masuk ke zona baru yang memiliki tantangan.
tentu saja di suasana dan di lingkungan kita perlu berubah, melakukan penyesuaian diri dan mempelajari bagaimana cara agar dapat dan bisa menjadi mahasiswa yang berkarakter.
Mahasiswa sebagai Agent Of Change harus bisa memahami setiap hal yang harus dilakukan. Mahasiswa sebagai Agent Of Change adalah Mahasiswa yang berkarakter yang memiliki tagung jawab, tanamkan dan pupuk rasa keberanian, kesiapan mental dan fisik, adil serta bijaksana.
namun bila kita menjadi mahasiswa yang hendonis, apatis dan statis maka kita tak akan pernah bisa menjadi mahasiswa yang mendorong terjadinya perubahan. Mudah melaksanakan serta menjadi Mahasiswa yang berkarakter dan menyosong suatu perubahan (Agent Of Change)  selama kita mau bergerak dan bertindak. Sebab segala perubahan itu bersumber dari diri kita sendiri, Jika kita mengatakan aku tidak bisa dan pasrah, hanya kekecewaan dan kegagalanlah yang siap menyambut kita. Aktif dalam kelas dan aktif berorganisasi baik dalam kampus maupun luar kampus langkah awal mahasiswa menuju agent of change. Dengan modal 4 hal yaitu tanggung jawab, keberanian, kesiapan mental, adil dan bijaksana. sangat mendukung terbentuknya mahasiswa berkarakter.
Dunia mahasiswa memang sanggup mewakili kehidupan yang nyata, penuh tantangan, kegalauan dan memang hal itu yang menjadi keunikan tersendiri. Kita harus beranjak dari kebiasaan SMA yang masih suka diperintah. Di kuliah tidak ada yang mengatur kita kecuali diri kita sendiri, karena itu kita harus dapat dan bisa menepatkan diri gimana dan dimana kita dapat dikatakan sebagai Agent Of Change bukan sebagai Agent Of Cengeng.

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About